Krobokan jail in chaos!

Selasa – Rabu, 21-22 Februari 2012.

Sekitar jam 11 malam Lapas Krobokan mendadak ramai karena oknum narapidana yang membakar dan membuat rusuh. Api dari kebakaran itu cukup besar sehingga mengundang perhatian orang sekitar dan aparat bertugas juga secepatnya menuju lokasi kejadian. Api tidak berlangsung lama, karena pemadam kebakaran dibantu kepolisian, brimob dan tentara sigap memadamkan api.

Darah mengalir cepat dan merasakan adrenalin yang jarang dirasakan. Antara ketakutan berada di situasi yang tidak kondusif, tapi di sisi lain merasa tertantang untuk bisa merekam kejadian dan menceritakannya melalui bantuan media tempat saya bekerja. Satu persatu batu berbagai jenis menghujani polisi, warga sipil dan teman-teman wartawan yang bertugas. Mereka nggak peduli akan kena siapa, yang penting lempar dan entahlah apa mereka berusaha melindungi diri, padahal sudah jelas-jelas dikepung aparat kepolisian.

Perjuangan mendobrak pintu masuk lapas pun tidak jadi dilakukan pada malam sampai dini hari. Mungkin perhitungannya karena gelap jadi lebih riskan, akhirnya aparat yang bertugas menunggu matahari terbit untuk memulai kembali operasinya. Sekitar jam 7 pagi, satuan polisi dan brimob dikerahkan di areal halaman Lapas dan tidak mengijinkan siapapun kecuali pihak bertugas yang bekerja untuk masuk.

Sayang sekali, tapi tetap saja bergerilya mencari celah di kiri atau kanan lapas, intinya biar bisa motret dengan baik. Tapi sebelum proses pendobrakan Lapas, terdengar suara senjata ditembakkan! Polisi bingung hingga memutuskan untuk memakai tangga dan menaiki lapas. Siapapun napi yang menghalangi bisa terancam nyawanya. Seperti komandan yang memerintahkan untuk “Tembak Ditempat” saat hujan batu terus berlangsung.

Proses masuknya aparat bertugas ke Lapas sedikit diwarnai bumbu darah. Salah satu korban dibawa dengan tenda ke mobil ambulance dengan kaki terluka. Kami berasumsi iru luka tembak. Satunya lagi seorang laki-laki datang dengan tangan kanannya terluka, sepertinya luka tembak juga.

Suasana kembali sepi dan nggak berapa lama ternyata ada orang dari lapas yang membawa senapan hasil temuannya didalam lapas. Diduga itu milik sipir lapas yang diambil dan disalahgunakan. Sisanya adalah amunisi untuk senjata shootgun yang terbilang cukup besar dan mematikan.  Bisa jadi suara tembakan yang didengar tadi adalah suara peluru yang meledak karena kena panas.

Sebelumnya sempat ada kejadian napi dibacok, di Lapas Krobokan yang diduga ada kaitannya dengan kasus ini. Lapas Krobokan sendiri sudah overcapacity dari 300 orang membludak hingga 1000 orang. Bisa saja ada perselisihan dan rasa saling benci saat semua terjadi.

Advertisements

2 thoughts on “Krobokan jail in chaos!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s