Earth Hour Campaign in Bali

Teman-teman dari Teater Kini Berseri turut serta berpantomin dalam sosialisasi "Earth Hour" saat Car Free Day di Renon - Bali.

Minggu, 25 Maret 2012.

Langit biru mengawali hari Minggu itu, cuaca yang tidak terlalu panas dan angin berhembus pelan seperti pertanda ini hari yang tepat untuk Car Free Day. Sepeda tua yang lama ditelantarkan ternyata kekurangan angin, belum bisa diajak menjalani pagi yang cerah itu. Waktunya si Kemot (Honda C70 tahun 1973) ku yang beraksi kembali, menelusuri jalan diantara perumahan untuk bisa masuk ke areal Renon. Maklum saja, Car Free Day tidak memperbolehkan kendaraan bermotor untuk masuk dari sekitar jam 7 sampai jam 10 pagi.

Earth Hour  merupakan kampanye WWF, organisasi konservasi terbesar di dunia untuk  mengajak individu, komunitas, praktisi bisnis, dan pemerintahan di seluruh dunia  mematikan lampu dan peralatan elektronik yang sedang tidak dipakai selama 1 jam, pada setiap hari Sabtu di minggu ke-3 bulan Maret setiap tahunnya.

Teater Kini Berseri ikut berpartisipasi dalam sosialisasi Earth Hour 2012 saat Car Free Day di Renon

  • Tahun 2007, EARTH HOUR diadakan pada 31 Maret 2007.
  • Tahun 2008, EARTH HOUR diadakan pada  29 Maret 2008.
  • Tahun 2009, EARTH HOUR diadakan pada  28 Maret 2009.
  • Tahun 2010, EARTH HOUR diadakan pada  27 Maret 2010.
  • Tahun 2011, EARTH HOUR diadakan pada 26 Maret 2011.
  • Tahun 2012? EARTH HOUR diadakan pada  31 Maret 2012.

Pantomim dan papan bertuliskan kampanye Earth Hour 2012

Berpantomim hingga tiduran di jalan untuk menarik perhatian orang-orang

EARTH HOUR berawal dari kampanye kolaborasi antara WWF-Australia, Fairfax Media, dan Leo Burnett untuk kota Sydney, Australia, dengan tujuan mengurangi gas rumah kaca di kota tersebut sebanyak 5% pada tahun 2007. Keberhasilan kampanye ini diharapkan bisa diadopsi oleh masyarakat, komunitas, bisnis, serta pemerintah lain di seluruh dunia sehingga seluruh warga dunia dapat menunjukkan bahwa sebuah aksi individu yang sederhana sekalipun bila dilakukan secara massal akan membuat kehidupan kita di Bumi menjadi lebih baik. (source : http://earthhour.wwf.or.id)

Saat Car Free Day, orang-orang memakai sepeda atau berjalan kaki di seputaran lapangan Renon. Momen tepat untuk kampanye tentang lingkungan.

Pelaksanaannya di Bali terbilang sederhana, diikuti oleh mahasiswa dan Bali Outbound, Lomonesia Bali, juga BL!SH yang meramaikan dan berharap adanya proses perubahan. Dengan spanduk kampanye, pantomim dari Teater Kini Berseri, acara berlangsung dengan membagi-bagikan stiker berisi petunjuk bagaimana cara mengikuti kampanye ini oleh masing-masing orang. Sayangnya kurangnya publikasi dan kedekatan pada media membuat acaranya hanya terdengar oleh masyarakat disekitar Renon dan penikmat Car Free Day hari itu.

Momen puncak Earth Hour kabarnya akan ada aksi seni sambil menyebarkan informasi pada pengunjung, untuk lokasinya nanti saya akan update via twitter @anggaramahendra

Foto-foto ini juga dimuat dalam media Traveler Bali : http://travelerbali.com/?act=gallery&id=86

Advertisements

12 thoughts on “Earth Hour Campaign in Bali

  1. Pingback: Earth Hour 2012 | Gideon Surya Putera

  2. Semoga kampaye ini di di ikuti oleh banyak ornag di banyak belahan dunia. Dan Bumi yang adem semakin bisa terwujud, kalau bukan kita yang peduli siapa lagi 😆

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    Like

  3. Pingback: Ini Aksi Kami | Earth Hour Bali | @IFLBali | Indonesian Future Leaders

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s