T.A.X.I

Taxi dari Bali yang mengemudi ugal-ugalan, tanpa argo, tanda pengenal di dashboard dan bonus nada ketus pengemudi saat ditanyai beberapa hal itu. Menentukan harga bisa menjadi momen untung-untungan untuk penumpang. Bisa mahal atau sebaliknya.

25 – 26 April 2012

Jam digital masih menunjukkan jam 10 pagi, tapi Bhatara Surya sepertinya bekerja cukup keras hingga tubuh rajin memproduksi keringat. Taxi menjadi pilihan terbaik saat itu untuk berkeliling Kuta, Seminyak dan sekitarnya. Di taxi pertama kami bercerita, berbagi informasi dan berinteraksi layaknya bertemu teman baru. Terlihat tanda pengenal dan argo yang berjalan normal. Dia cukup banyak memberi senyuman dan menunggu kami saat berkeliling dan mampir di beberapa tempat liputan hingga menjelang sore. Kesimpulannya, “Good Taxi”

Perjalanan dengan taxi kedua dimulai sekitar jam 11 malam, dari Seminyak menuju Legian dengan argo dan harga yang masih standar. Terlihat juga tanda pengenal dan argo yang berjalan. Mencari informasi ke beberapa tempat, berjalan kaki sambil melihat situasi yang cukup banyak memberikan masukan untuk kami.

Malam mulai menunjukkan sisi gelapnya, angka Rp 150 ribu menjadi nominal ‘standar’ perjalanan Legian ke Seminyak. Berbagai alasan seperti memutar arah, susah cari taxi, bla…bla..bla…nya dilontarkan. Negosiasi bertemu jalan buntu, kami pun keluar taxi dan menuju taxi ke 4 yang berada tepat dibelakang taxi 3.  Tersebutlah angka Rp 50 ribu dengan alasan, memutar, akan macet dan tetap dengan alasan handal ‘susah cari taxi malam’ pun jadi andalan. Nada ketus diberikan, karena saya bertanya banyak hal, mulai dari kenapa nggak ada tanda pengenal di dashboard, nggak ada argo yang dipasang dengan alasan karena memang nggak ada ditambah dengan fasilitas  mengemudi ugal-ugalan. Kesimpulannya, “Bad Taxi”

Advertisements

2 thoughts on “T.A.X.I

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s