Dunia Tanpa Batas

20150706 Smartfren Andromax Review_ANG_3978

Internet mengubah pola hidup manusia, termasuk bagaimana cara berinteraksi satu manusia ke manusia lainnya.

Saya tidak menggunakan pepatah “malu bertanya sesat di jalan” saat bepergian jauh, karena sekarang sudah ada smartphone, Google Maps dan koneksi internet. Peralatan canggih ini berhasil membawa saya menempuh 1300 kilometer perjalanan Bali – Jakarta dengan  motor tua keluaran tahun 73.

Bisa jadi kebutuhan primer manusia modern tidak lagi sandang, pangan dan papan, tapi juga koneksi internet. Dari zaman warung internet (warnet) sampai smartphone sudah banyak memberikan akses informasi yang bahkan tahun 1990-an sangat susah untuk dicari. Tentang referensi buku, pemikiran, tutorial dan masih banyak lainnya. Saya sendiri memelajari fotografi tidak hanya dibantu oleh kawan, tapi juga artikel dan tutorial dari Youtube tentang lighting, angle dan segala printilannya.

19 dan 20 Juni 2015, saya dan Bali Blogger Community sempat diminta untuk mencoba koneksi 4G LTE  via Smartfren Mi-Fi (mobile wifi) router Andromax M2P dan M2Y. Tapi kali ini saya hanya membawa jalan-jalan  Mi-Fi Andromax M2P sambil menguji kecepatan yang dihasilkannya di beberapa titik ini:

Jalan Nangka Utara, Denpasar - Bali.

Jalan Nangka Utara, Denpasar – Bali.

Perjalanan dimulai di Jalan Nangka Utara setelah aktivasi dan mengisi pulsa Rp 100 ribu yang langsung dikonversi menjadi data sebesar 5GB plus bonus 12 GB saat malam pukul 01.00 – 06.59. Menggunakan Mi-Fi Smartfren Andromax M2P untuk WiFi pada ponsel dan membuka aplikasi sosial visual seperti Instagram. Di lokasi ini, hampir tidak ada lag setiap membuka halaman Instagram.

Jalan Gajahmada, Denpasar - Bali.

Jalan Gajahmada, Denpasar – Bali.

Jalan Teuku Umar, Denpasar - Bali.

Jalan Teuku Umar, Denpasar – Bali.

Jalan Teuku Umar merupakan salah satu titik paling padat di Denpasar dengan jalanan yang didominasi toko handphone, bank, restaurant dan budget hotel yang baru-baru ini booming di Denpasar.

Jalan Pulau Kawe, depan gallery Smartfren, Denpasar - Bali.

Jalan Pulau Kawe, Denpasar – Bali.

Bagian dari uji coba: bagaimana koneksi Smartfren di markasnya sendiri. Hasilnya cukup lumayan meskipun masih kalah kencang ketimbang di lokasi jalan Nangka Utara.

Pantai Mertasari, Sanur, Denpasar - Bali.

Pantai Mertasari, Sanur, Denpasar – Bali.

Sampai di Pantai Mertasari saya cukup optimis dengan koneksi 4G LTE dari MiFi Smartfren Andromax M2P, tapi daerah ini justru susah sinyal. Awalnya saya berjalan hingga ke ujung pemecah ombak dan susah mendapat sinyal hingga Ookla Speedtest.net tidak mendeteksi sinyal yang baik dan indikator MiFi menunjukkan tanda ‘merah’ – lemah sinyal. Berjalan mencari beberapa tempat dan sinyal berubah menjadi kuning sehingga bisa melakukan pengecekan sinyal kembali via Speedtest.net.

Rumah Sanur Creative Hub - Jalan Danau poso 51A, Sanur - Bali.

Rumah Sanur Creative Hub – Jalan Danau poso 51A, Sanur – Bali.

20150706 Smartfren Andromax Review_ANG_4012

Perjalanan singkat hari ini berakhir di Rumah Sanur Creative Hub, tempat bersantai sambil ngopi dengan internet dari Smartfren yang relatif kencang. Membuka website foto saya http://www.anggaramahendra.com yang terbilang berat sambil mencari beberapa bahan untuk personal project dari photo story yang akan dikerjakan dalam waktu dekat ini.

Secara keseluruhan, koneksi MiFi Smartfren Andromax M2P cukup memuaskan, dengan catatan hanya berlaku di daerah Bali yang sudah mendukung koneksi 4G LTE, diluar itu modem ini masih belum bisa maksimal. Berharap kedepannya akan lebih banyak lagi jangkauan sinyal sehingga bisa mendukung pekerjaan profesional yang memerlukan internet kencang.

MiFi Smartfren Andromax M2P

  • Mini Router 4G LTE TDD2.300 Mhz dan LTE FDD 850 Mhz
  • Smartfren 4G LTE SIM Card
  • LTE Cat4 Modem capability
  • Shareble up to 32 users
  • Huawai HiLink Apps for user friednly UI (Available for Android & IOS)
  • Kapasitas Baterai 1.500 mah
  • Harga Rp 399.000

Info selengkapnya bisa mengunjungi situs http://www.smartfren.com

#bali4Gready #go4Gready #catatanvisual #catatanbali

Advertisements

2 thoughts on “Dunia Tanpa Batas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s