Everyday Bali

Bali dalam hidup kesehariannya. Sederhana untuk kita yang sehari-hari berada di Bali, tapi bisa jadi menarik untuk yang berada di luar Bali.

Keseharian ini menjadi ide yang menarik ketika John Stanmeyer mengajak fotojurnalis Bali untuk berkolaborasi membuat sesuatu yang menantang untuknya, juga para fotojurnalis Bali.

“Bikin sesuatu-lah kalian di Bali ini, project apa gitu jadi nanti saya bisa support, misalnya saya lihat ada everyday bali di Instagram” – kurang lebih seperti itu obrolan pada Desember 2016 saat ia mengadakan workshop di Bali.

Everyday Bali.jpg

Hashtag Everyday Bali ternyata sudah ada yang menggunakan, tapi baru sedikit. Sedangkan akun resminya belum ada. Tipe instagram menggunakan nama ‘Everyday’ ini sudah ada di beberapa negara seperti Everyday Japan, Everyday Climate Change, Everyday Mumbai, Everyday Africa dan lain-lainnya yang membahas isu-isu sosial, ekonomi, budaya, politik hingga kehidupan sehari-hari yang jika dianalisa bisa menjadi bahan diskusi yang menarik. Bagaimana satu kelompok manusia hidup di belahan dunia lain yang bisa jadi cerminan apa yang kita lakukan di belahan dunia lainnya.

Tak lama, saya register dan membuat akun bernama Everyday Bali yang berisi keseharian masyarakat Bali secara umum, termasuk konten jurnalistik dengan isu budaya, sosial, ekonomi, politik dan hal lainnya.

Akun ini menjadi opsi pengarsipan foto via digital ketika beberapa foto liputan yang saya kerjakan untuk beberapa media tidak ditayangkan disana. Kadang, justru foto-foto ‘unpublished’ ini bisa menarik jika dilihat dari sudut pandang berbeda.

Sampai saat ini masih mengajak teman-teman pewarta foto atau siapa saja yang bisa bercerita dengan visual untuk berkontribusi di Everyday Bali.

Kurang lebih sudah setahun berjalan di dunia maya, berharap kedepan akan jauh lebih besar dan bisa berkolaborasi mengundang fotografer ternama untuk mampir ke Bali dan membagi ilmu yang mereka miliki untuk kita di sini.

Terima kasih untuk para kontributor yang sudah mendukung hingga kini : Kristina Komalasari, Vifick Bolang, Dodik Cahyendra, Wayan Martino, Pande Parwata, Rio Helmi, Dwi Priyatna, Komang Artha Susila, Dwi Jayanthi, Wira Sathya, Arta Dwipa, Fauzy Chaniago, Pande Putu Hadi Wiguna, Purnami Asih, Wayan Sukarma dan Azhar Pangesti.

#everydaybali #catatanvisual

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s